New Feeds Info – What’s Webtoon? 

Hai semuanya.

Ini saya, veby. 

Iya.

Iya, veby. 

Biar lebih akrab dan nggak pengen terkesan kenal pribadi banget, gue punya nama panggilan blog. 

Cindereby

Hehehehhh

Alay yah? Hehe

Ah gue bingung. 

Udahlah panggil veby aja. 

Line 2000 nih hehehh salken.

Gue cuman mau bilang, saat kalian fikir  gue tak perduli terhadap blog percayalah wordpress ga gua hapus, gua bahkan ga pindah ke wetpet buat nulis cerita. 

Karena satu sisi gue ga faham cara mainnya dan sudah tidak bergairah. You must know, kalo gue udh nulis cerita tuh kemana mana dan pasti panjang takut mager dan takut ga bertanggung jawab hehehe.. 

Jadi, mulai sekarang….

         

          

    
Gue bakalan adain new feeds
Mungkin sesekali cerpen.

 Jujur gue lemah banget bikin cerpen, gue bisanya membuat cerita yg lumayan panjang kek cerbung atau naskah skenario gitu, kalo ngebuat cerpen/drama kurang bisa karena gue belum terlatih membuat suatu cerita dimana konfliknya itu sederhana dan penyelesaiannya bisa diketik kurang dari 2 lembar halaman. 

Sorry gue bener bener gabisa, tapi akan gua coba #najisloveb

Dan jujur akhir2 ini gue lebih suka membaca webtoon. 

Dan… 

       

            

          

           

        

GUE PENGEN BANGET BISA GAMBAR



Karena, gue pengen banget bisa bikin webtoon. 

Gue udah ada 4 alur cerita yg udah siap gue jadiin webtoon kalo gue bisa ngegambar tapi nyatanya sampe sekarang gue belum bisa gambar. 
Daripada menunggu harapan terlalu lama, sementara ini gue akan membuat feeds gue muncul lagi dengan tema feeds gue sekarang akan ada varian lain selain cerita, yaitu

MEREVIEW ISI ISI KOMIK WEBTOON. 

Yah, bukan kesannya spoiler cuman gue rasa banyak yang berpendapat bahwa webtoon itu cerita dengan gambar seksi seksi. Bukan sobat. 

Jadi, webtoon itu kebanyakan authornya korea.

Jadi kalau cover komiknya itu gambar wanita dengan dada yang besar, itu wajar menurut gue. 

Karena.. 

Authornya bukan orang Indo. 

Tapi bukan berarti semua orang korea yang bikin webtoon. Orang Indo juga ada kok, banyak malah. 
Banyak yang menghujat webtoon karena nggak jelas. 



Ekhem.. 

Menurut gua sih

Itu salah lu karena ga faham. 

Karena ingin isi post ini panjang gue akan kasih tau beberapa cara pake webtoon for beginners. 

1. Download Aplikasi Webtoon

Lo harus download, kalo gak ya gak usah. Walau webtoon ada di web, jadi tanpa di download bisa baca,  tapi menurut gue lebih ashoy kalo pake aplikasi. Serius. 

2. Register

Bisa pake acc Line, buat acc webtoon, pake acc facebook ataupun twitter. Kalau gue pake acc Line karena biar kalo hapus webtoon karena penyimpanan yang terlalu besar (terakhir 1.3GB) akun webtoon gue ga akan kehapus. 

3. Buka Webtoon

Ketika kalian membuka webtoon kurang lebih akan ada tampilan seperti ini

Nah kurang lebib seperti itu. 

Sebelumnya gua akan ajari cara dan info apa aja yang harus kalian tau. Yuk kita bahas satu satu dari atas. 

Yang paling atas adalah Iklan. Dalam iklan ini tersedia list webtoon baru atau webtoon populer. Kalau kalian bingung mau baca yang mana baca aja dulu yang ada di iklan itu.

Dibawah Iklan, kita bisa lihat ada Komik Komik Terpopuler. Nah seperti judulnya, ini bisa dibilang komik komik terpopuler/yang sering dibaca di webtoon. Biasanya ini isi dari webtoon yang ratenya lumayan tinggi/paling sering dibaca. Kalau kita klik tulisan ‘Komik Komik Terpopuler’maka akan keluar hal seperti ini.

Nah pilihannya ada dua, hot dan new. Karena ini temanya terpopuler, maka jika kalian memencet tombol Komik Komik Terpopuler, kalian akan langsung muncul di page hot, bukan new. Lalu kalau kalian mau mulai baca dari webtoon dengan peringkat pertama hot di minggu ini silahkan. Tapi jangan ngeluh kalo episode nya sudah bejibun. 
Lalu dibawah komik terpopuler ada Komik Komik Terbaru. Sesuai judul, ini adalah list komik yang baru terbit akhir akhir ini. Bisa dibilang umurnya masih muda, masih beberapa minggu ataupun bulan. 

Kalau sebelumnya langsung terbuka ke halaman hot, sekarang kalau meng- klik tombol baca webtoon baru ya langsung terhubung ke page new. 

Lalu dibawahnya ada webtoon hari ini. Ya seperti namanya ini adalah daftar webtoon yang terbit di hari hari tertentu. Berbeda dengan wattpad dan blog yang update semaunya. Di webtoon ini updatenya harus teratur berdasarkan jadwal, karena sang komikus yang sudah masuk halaman webtoon akan di bayar oleh pihak NAVER LINE sendiri. Kalau kita buka, maka akan muncul seperti ini

Nah, disitu ada jadwal update webtoon dari senin-minggu bahkan webtoon yang sudah tamat. Jadi kalau mau tanya “komik webtoon ada apa aja?”  jawabannya adalah, liat aja di jadwal harian.


Setelah jadwal harian, kita bisa menemukan webtoon favorite. Yah sama berdasarkan namanya, ini adalah daftar webtoon yang sudah kalian klik tombol ‘favorite’. Contoh tomboh favorite :

Ada yang di bagian profil komik seperti

Lihat kan tulisan ‘favorite’ yang ada di atas? Kalau kalian klik tombol itu maka akan berubah menjadi

Fyi kenapa warna abu abu, itu artinya sudah dibaca. Kalau episode nya belum dibaca maka kolomnya akan berwarna putih. 

Dan cara kedua untuk meng-favorite komik di webtoon ada di akhir cerita. Contohnya

Credits; Tahi Lalats

Hubungan Webtoon itu bisa dibilang cuman rekomendasi komik webtoon lain.

Lalu dibawah webtoon favorite ada Genre. Page itu berisi pengelompokan webtoon berdasarkan genre. Isinya kurang lebih seperti ini

Nah kalau kalian mau horror bisa langsung cari di tempat horror kalo mau yang romantis bisa cari di romance. 

Dibawah genre, ada Populer  atau lebih disebut top-list. Jadi selama seminggu/sebulan posisi 1-10 di bagian populer akan berbeda karena tergantung viewers, likers dan perkembangan favorite dan rating. 

NAH! DAN YANG PALING BAWAH ADALAH. 

buat webtoon mu sendiri. 

Jadi gini loh kawan, 

Kalian bisa buat webtoon tapi harus masuk ‘webtoon challenge’ dahulu sebelum terbit di halaman webtoon. Di webtoon challenge kalian bisa update kapan aja, tapi kalian belum dibayar sama pihak NAVER LINE tersendiri. Jadi, kalau kalian sudah membuat komik di webtoon challenge saranku  kalian harus membuat sesuatu yang beda. Karena isi webtoon challenge itu nggak kalah asik dari webtoon resmi. Kalau isi cerita kalian menarik nanti lama kelamaan akan banyak yg view, rate, like dan akhirnya pihak NAVER LINE ngelirik karya kamu dan akhirnya akan dipindahkan ke webtoon resmi dan kamu dibayar deehhh. 

Mau lihat webtoon challenge? Gini caranya.

Klik tombol 3 garis di tampilan paling atas. Akan keluar seperti ini

Nah begitu. Saran gue walaupun terbuasa bahasa inggris jangan ubah profil webtoon kalian ke bahasa inggris karena kalau kalian buat language di webtoon kalian inggris UK jadi munculnya webtoon webtoon yang ada di daerah london, kalo US yg ada di amerika, kalau kalian klik language nya jerman yaaaa webtoonnya ya beneran kayak webtoon karya orang jerman. Transelatean gitu. Intinya mah jangan soalnya kita ini orang indo dan kalau ganti bahasa dan balik lagi ke bahasa indonesia, maka riwayat komik yang sudah kalian baca dan unduhannya akan terhapus begitu saja. 

Isi webtoon challenge kurang lebih begini

Terakhir adalah Terjemahan Penggemar. Di webtoon ini adalah komik karya orang luar yang diterjemahkan orang indonesia menjadi bahasa Indonesia. Beberapa komik di Terjemahan Penggemar ini sudah menjadi webtoon resmi dan sebagaian belum. Dan kalau kalian mau meningkatkan skill bahasa inggris kalian, kalian bisa mampir ke Terjemahan Pembaca dan pilih terjemahan ke bahasa Inggris. 

Nah terimakasih sudah mau mampir dan saya harap saya bisa mereview dan membuat cerita lagi dengan lebih baik. 

Saya kembali aktif karena kalian yang membaca ini. Setiap buka wordpress pasti ada aja orang yang hari ini baca blog saya, dan paling sedikit viewers sehari itu 27 dan visitors 40. Jadi penasaran kalian ini mengharapkan apa dari blog saya? Terimakasih sekali lagi, saya bukan apa apa tampa viewers ini. 

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

